Google mengumumkan pembaruan pada platform iklannya yang
memberi pengguna lebih banyak transparansi. Inilah yang perlu Anda ketahui,
ditambah dengan melihat secara mendalam cara terbaik mengelola preferensi Anda
untuk meningkatkan privasi.
Terkadang iklan yang muncul di hasil penelusuran Google atau
di Gmail sedikit misteri. Itulah sebabnya Google sekarang menjelaskan bagaimana
mereka bekerja dan meluncurkan dua fitur baru: yang memberi Anda transparansi
mengapa iklan tersebut muncul dan iklan yang memungkinkan Anda mengelola iklan
yang Anda lihat.
Menurut Google, saat Anda melakukan pencarian mesin pencari
mempersonalisasi iklan yang muncul di hasil Anda dengan menggunakan informasi
tambahan melebihi apa yang baru Anda masukkan di kotak pencarian. Misalnya,
jika Anda mencari "restoran" dan kemudian mencari lagi untuk
"perjalanan" yang diikuti oleh "Boston," halaman hasil
untuk pencarian terakhir mungkin berisi iklan untuk restoran di Boston,
berdasarkan kombinasi dari ketiga pencarian tersebut.
Google juga mengumpulkan informasi untuk mempersonalisasi
iklan melalui aktivitas Riwayat Web Anda, dengan laman yang Anda beri +1 atau
di beberapa negara berdasarkan kunjungan Anda ke situs web pengiklan, katanya.
Iklan yang tampil di Gmail juga bekerja sama. Di Gmail,
sebagian besar iklan yang ditampilkan Google terkait dengan isi percakapan
email atau thread. Jika Anda menerima banyak email tentang fotografi, misalnya,
Google mungkin akan menunjukkan kesepakatan dari toko kamera lokal. Google
mengatakan bahwa iklan tersebut akan muncul di Gmail tanpa mempedulikan
preferensi atau setting Anda, namun bisa juga di-tweak.
Penting juga untuk dicatat bahwa sementara Google akan
menggunakan informasi dalam riwayat Web dan pesan Gmail Anda, ia mengatakan
bahwa "tidak dan tidak akan pernah menyewakan, menjual, atau berbagi
informasi yang mengidentifikasi Anda secara pribadi untuk tujuan pemasaran
tanpa izin tertulis Anda ... Kami menyediakan pengiklan hanya mengumpulkan
informasi non-pribadi seperti berapa kali salah satu iklan mereka diklik.
"
Inilah yang perlu Anda ketahui tentang bagaimana iklan
Google bekerja, dan bagaimana Anda dapat mengubah preferensi Anda untuk
mencapai tingkat privasi yang sesuai dengan Anda.
Fitur Google Baru: Iklan "Mengapa Iklan Ini"
Salah satu fitur baru yang diluncurkan Google kepada
pengguna dalam beberapa minggu ke depan adalah tautan di bawah atau di samping
iklan yang berbunyi "Mengapa iklan ini". Mengkliknya akan memberi
Anda lebih banyak informasi tentang mengapa Anda melihatnya dan bagaimana hal
itu dipersonalisasi untuk Anda.
Cara Memblokir iklan Google
Jika Anda masuk ke Akun Google saat mengunjungi Pengelola
Preferensi Iklan , Anda dapat membungkam pengiklan. Pengelola Preferensi Iklan
adalah situs Google tempat Anda dapat mengelola setelan yang terkait dengan
iklan yang Anda lihat. Dengan mengunjungi halaman ini, Anda akan melihat
penjelasan mengapa Anda melihat iklan tertentu dan daftar minat yang
diasosiasikan Google dengan Anda yang dapat memengaruhi iklan yang Anda lihat
di situs web yang telah bermitra dengan AdWords.
Jika Anda memilih untuk mencekal pengiklan saat masuk ke
Akun Google, Anda tidak akan lagi melihat iklan yang tertaut ke situs web
pengiklan tersebut, apakah Anda sedang dalam penelusuran Google atau Gmail.
Anda dapat membebaskan pemblokir setiap saat, dan diizinkan memblokade hingga
500 pengiklan.
Namun, jika Anda tidak masuk ke Akun Google, Anda masih akan
melihat beberapa informasi yang terkait dengan browser Web komputer, kata
Google. Namun, dalam kasus ini, iklan akan disesuaikan dengan komputer tertentu
dan bukan ke akun pribadi.
Cara Menghilangkan Iklan Google yang Dipersonalisasi
Jika Anda tidak ingin melihat iklan hasil personalisasi dari
Google, Anda dapat menyisih kapan saja. Setelah menyisih, Anda masih akan
melihat iklan yang relevan, namun Google tidak akan menggunakan informasi
tambahan untuk mempersonalisasi iklan tersebut di Google penelusuran dan Gmail.
Selain itu, dengan memilih keluar melalui halaman Preferensi
Iklan , Anda tidak bisa lagi memblokir pengiklan tertentu, dan daftar blokir
Anda akan dihapus.
Namun, perhatikan bahwa dengan tetap ikut serta dalam iklan
Google yang dipersonalisasi, Google mengatakan bahwa iklan tersebut akan
menampilkan iklan yang lebih sedikit namun lebih relevan. "Di Pengelola
Preferensi Iklan, Anda dapat melihat rata-rata, orang yang memilih untuk
mendapatkan iklan hasil personalisasi mengeklik lebih banyak iklan namun kurang
melihat keseluruhan," kata Google. "Kami menghitung statistik setiap
bulan, menggunakan data agregat dari tiga bulan sebelumnya di lokasi
Anda."
Cara Menghilangkan "Asosiasi" Anda
dari Google
Berdasarkan situs web yang Anda kunjungi, istilah pencarian
yang Anda masukkan ke Google dan cookie periklanan yang tersimpan di browser
Anda, Google membuat profil dari minat terkait Anda, yang merupakan faktor
dalam iklan yang Anda lihat. Untuk melihat minat dan asumsi demografi yang
terkait dengan Google, kunjungi halaman Preferensi Iklan .
Di sini, Anda memiliki opsi untuk menambahkan atau menghapus
minat Anda dan memilih keluar jika Anda memilih iklan tidak didasarkan pada
minat dan demografis. Anda juga dapat melihat informasi tentang cookie yang
disimpan Google untuk mengaitkan preferensi iklan Anda dengan browser yang saat
ini Anda gunakan.
Cara Menonaktifkan Riwayat Web Google Anda
Karena riwayat Web Anda berperan dalam iklan yang Anda
lihat, Anda juga memiliki opsi untuk menonaktifkannya jika Anda tidak ingin
Google melacak situs web mana yang Anda kunjungi. Untuk melakukan ini, Anda
perlu mengunjungi Dasbor Akun Google Anda , yang merupakan rumah bagi hampir
semua preferensi yang terkait dengan akun Anda yang dapat dibayangkan.
Informasi yang dikumpulkan dalam riwayat Web Anda mencakup
situs web yang Anda kunjungi dan penelusuran Google, serta alamat IP, jenis
browser, bahasa browser, dan satu atau beberapa cookie yang dapat
mengidentifikasi peramban Anda secara unik. Hampir di bagian bawah Dasbor Akun
Google Anda adalah bagian untuk riwayat Web Anda. Di sini, Anda dapat menghapus
item dari daftar atau sama sekali menonaktifkan riwayat Web
EmoticonEmoticon