Ciri Ciri Batu Hp Rusak dan Tips Mengatasinya

Masalah utama yang sering kali di rasakan oleh pengguna hp android adalah mudahnya baterai hp rusak yang bisa dilihat dengan ciri -  ciri seperti bocor atau menggelembung. 

Bermain game dan penggunaan internet menjadi penyebab utama baterai hp cepat habis itu wajar karena kedua aktifitas tersebut memakai sumber daya yang besar, yang menjadi masalah adalah ketika melakukannya sewaktu baterai masih di charger dan dilakukan berulang – ulang tentu baterai hp akan cepat rusak.


Ciri Ciri Batu Hp Rusak dan Tips Mengatasinya


Ciri – ciri baterai hp rusak :

Baterai Hp Bocor


Bocor disini artinya memang benar – benar bocor yaitu terlihat ada cairan yang merembes keluar dari baterai, tapi kerusakan baterai seperti ini memang jarang terjadi.


Baterai Hp yang Menggelembung


Ini adalah kerusakan yang sering terjadi, secara kasat mata dapat terlihat baterai menggelembung penyebab utamanya adalah hp digunakan pada saat sedang dicharger atau karena penggunaan charger yang tidak original.


Cara memperbaiki baterai hp yang rusak menggelembung


Baterai Hp yang mati total


Kerusakan selanjutnya adalah mati total, walaupun baterai terlihat baik secara tampilan tapi baterai tidak menunjukan respon sama sekali ketika di charger.

Bisakah baterai hp diperbaiki ?


Baterai hp yang drop atau rusak sangat susah bahkan mustahil untuk diperbaiki, namun sebelum itu terjadi ada banyak cara yang bisa sobat lakukan untuk agar baterai hp android sobat awet, berikut adalah tipsnya:

  • Charger sampai penuh


Biasakan untuk mencharger baterai sampai penuh dengan indikator pada hp mencapai 100 %.

  • Gunakan Charger original


Besarnya voltase dan arus masuk maupun keluar biasanya dicetak oleh pabrik di badan baterai tersebut, penggunaan charger original adalah penting agar arus yang masuk sesuai dengan spek dan kapastias tersebut.

  • Jaga tetap dingin


Pada suhu rata-rata 32 derajat, baterai lithium-ion akan kehilangan 6 persen kapasitas maksimal per tahun. Pada suhu 77 derajat jumlah itu melonjak menjadi 20 persen, jadi pastikan hp sobat agar tetap dingin misalnya dengan menutup aplikasi yang berjalan di latar belakang

  • Baterai jangan sampai habis total


Jika Sobat akan menyimpan baterai lithium-ion untuk waktu yang lama, cobalah untuk membiarkannya dengan daya baterai setidaknya 40 persen. Power didalam baterai lithium-ion tidak akan mengalami penurunan selama tidak digunakan.

  • Hindari Pengisian cepat


Banyak hp baru mendukung fitur "pengisian cepat" ini akan berguna jika sobat tidak memiliki banyak waktu untuk mencharger namun jangan dilakukan terlalu sering, bagaimanapun baterai lithium memerlukan arus dan voltase yang konstan agar dapat bertahan lama.



EmoticonEmoticon