Apa Itu Flashing ROM Firmware Dan Cara Melakukannya Pada Hp Android

Portal android – Apa itu flashing, pertanyaan yang sekarang ini sering terdengar dan tahukah sobat apa artinya ? ya..flashing khususnya untuk hp android merupakan proses menginstal ulang kembali atau mengganti firmware atau ROM yang terdapat pada hp android.


Apa Itu Flashing ROM Firmware Cara Melakukannya Pada Hp Android


Mengapa hp android perlu di Flash? ini biasanya diperlukan jika hp mengalami bootloop atau gagal booting yang cirinya adalah hp tidak bisa masuk ke menu utama hanya berhenti di layar pembuka saat pertama kali dihidupkan.

Selain karena bootloop flashing sering juga dilakukan jika hp android terasa lemot yang memerlukan penggantian custom ROM, karena malware yang masuk ke sistem dan sulit diatasi atau hanya untuk sekedar menikmati android versi terbaru tanpa perlu membeli hp baru.


Saat akan melakukan flashing sobat nanti akan memerlukan ROM, yang dimaksud dengan ROM adalah antar muka sistem operasi android itu sendiri yang didalamnya termasuk aplikasi sistem dan firmware.

Flashing sebetulnya bisa dilakukan sendiri karena relatif mudah, bisa menggunakan aplikasi flash android yang di operasikan dengan pc ataupun tanpa pc.

Alat flash hp


Untuk alatnya sendiri jika sobat berniat melakukan flash tanpa pc yang diperlukan hanyalah sebuah kartu memori ekternal yang nanti digunakan digunakan untuk menyimpan file custom ROM yang akan di instal.


Aplikasi flash hp android


Selain alat sobat juga memerlukan sebuah aplikasi untuk flash hpnya, seperti Smartphone Flash Tool Atau yang lebih sering disebut dengan SP Flash Tool atau ODIN aplikasi yang biasanya untuk flash hp android samsung.

box flasher untuk semua jenis hp


Jika sobat tidak yakin untuk flash sendiri saya ingatkan lebih baik bawa saja ketempat service karena biasanya mereka memiliki box flasher semua jenis hp, jadi kemungkinan salah memakai ROM akan kecil. Perlu diingat walaupun terlihat mudah proses flashing tapi jika gagal atau salah memilih ROM hp sobat bisa rusak parah bahkan tidak bisa dihidupkan lagi dan menghilangkan garansi.

Cara flash android tanpa PC


Jika Sobat ingin mencoba sendiri, berikut ini adalah cara yang mudah untuk flash tanpa menggunakan komputer ( PC ), dengan catatan cara ini bisa dilakukan jika masih bisa masuk ke menu utama hp ( misalnya untuk tujuan upgrade atau mengatasi hp lemot ).

Sekilas langkah – langkahnya ( Penjelasan lebih rinci ada dibawah ):

1.Root hp 
2.Instal aplikasi ROM Manager
3.Back Up
4.Download ROM 
5.Flashing
6.Restore jika tidak sesuai dengan keinginan sobat


Root hp android sobat


Hal pertama yang perlu di lakukan adalah root telepon, rooting biasanya memerlukan waktu sekitar 5 menit.

Sekarang setelah di Root,lanjutkan ke langkah selanjutnya.

Instal ROM Manager App

Ini adalah langkah termudah. Buka playstore dan pasang ROM Manager.
Aplikasi ini bisa untuk  backup dan restore, serta flashing ROM baru, semuanya dengan mudah. Aplikasi ini membutuhkan root.


Back Up


Bagian ini sangat mudah ROM Manager akan secara otomatis menanyakan apakah sobat ingin membuat cadangan atau tidak pada langkah 5, saat sobat menjalankan ROM baru. 

Flash Recovery Image


Jika sobat membaca artikel backup / restore di atas, mungkin telah melihat bahwa ada satu kali langkah yang diperlukan sebelum ROM Manager, atau manajer lainnya, dapat menginstal ROM, membuat cadangan, memulihkan, atau melakukan sesuatu dengan Nandroid Backup.

Boot loader memberi Sobat kemampuan untuk menjalankan perintah backup dan restore Nandroid di luar OS.

Download ROM


Sobat ingin mencoba dan menyalinnya ke kartu SD Card disinilah perlu melakukan sedikit riset untuk menemukan file ROM yang cocok dengan hp sobat .Jika sobat tidak tahu persis apa yang dicari, sekali lagi, Google dapat membantu Sobat - cukup cari "YOUR_PHONE_MODEL ROM".

File ROM biasanya merupakan berjenis file zip, kemudian salin ROM ke folder root kartu SD Sobat.

Penting : Sobat tidak mengextract file .zip cukup salin seperti apa adanya.

Flash


Buka ROM Manager dan klik " Install ROM from SD Card "

ROM yang Sobat download di langkah 4 harus muncul dalam daftar. Jika tidak, pastikan Sobat memasukkannya ke dalam folder akar kartu SD.

Klik pada ROM dan cadangkan ROM yang ada jika sobat ingin melakukan instalasi bersih, yaitu saat mengupgrade dari ROM stok. Catatan : ini tidak menghapus data kartu SD Sobat - ini hanya akan menghapus memori internal telepon.

Proses flashing biasanya memakan waktu 5-10 menit dan kemudian 10-20 menit saat boot pertama . Mohon bersabar selama proses ini.

Tidak cocok dengan dengan ROM Yang baru ?


Sobat mungkin ingin mengembalikan salinan lengkap OS asli yang di ambil di langkah 3 . Instal dan muat aplikasi ROM Manager di ROM kustom yang dinyalakan (pada dasarnya, ulangi lagi langkah 2). Sekarang gunakan menu "Manage and Restore Backups" untuk menemukan cadangan dan mengembalikannya (termasuk OS itu sendiri dan semua aplikasi, dan pengaturan semuanya ).


EmoticonEmoticon