Ini Dia Penyebab Hp Lemot dan Cara Mengatasinya - Raka Blog

Kinerja hp android yang lemot memang mengesalkan , banyak hal yang menjadi penyebab hp lemot atau lambat salah satunya adalah terlalu banyaknya aplikasi yang berjalan di latar belakang. Ini akan terasa saat kita bermain game atau pada saat hp dipakai internetan. dibawah ini adalah beberapa penyebabnya segera perbaiki dan rasakan kembali kecepatan hp android sobat.


Ini Dia Penyebab Hp Lemot dan Cara Mengatasinya

Terlalu Banyak Aplikasi yang berjalan di Latar Belakang


Saat hp android pertama kali dibuka, hanya ada beberapa aplikasi yang terpasang. Beberapa dari mereka mungkin berjalan di latar belakang, termasuk aplikasi sistem dari platform itu sendiri.

Itu tidak cukup untuk memperlambat telepon. Namun, ini bisa semakin melambat seiring pengguna memasang lebih banyak aplikasi dari waktu ke waktu. Beberapa pengguna bahkan tidak tahu bahwa aplikasi yang mereka pasang masih bisa memakan RAM meski tidak digunakan.

Beberapa contoh dari aplikasi semacam itu adalah media sosial. Facebook telah banyak dikritik karena aplikasi mereka memakan begitu banyak sumber daya bahkan untuk ponsel kelas rendah. Aplikasi Twitter juga bisa memakan RAM terlalu banyak serta aplikasi Gmail dari Google sendiri.

Aplikasi ini berjalan di latar belakang karena mereka harus terus-menerus memeriksa apakah ada pembaruan atau pemberitahuan. Misalnya, aplikasi Gmail perlu memeriksa setiap beberapa menit atau lebih jika ada email baru yang telah tiba.

Pengecekan secara terus menerus berarti mereka harus tetap ada di latar belakang saat mereka melakukan sinkronisasi secara otomatis. Jika mereka berhenti menyinkronkan di latar belakang, pengguna tidak akan dapat menerima pemberitahuan tentang email baru kecuali jika menyinkronkan aplikasi secara manual.

Dengan lebih banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang, masing-masing bisa memakan sumber daya yang hanya menyisakan sedikit untuk proses latar depan. Pengguna dapat memilih untuk hanya menghapus aplikasi dan mencari alternatif.

Cara lain yang mungkin untuk meminimalkan dampak aplikasi semacam itu adalah mematikan sinkronisasi otomatis. Meskipun pilihan tidak selalu tersedia untuk semua aplikasi, aplikasi Gmail memungkinkan pengguna untuk mematikan opsi.

Ada juga beberapa aplikasi yang bisa masuk ke mode hibernate aplikasi lain di background. Hal ini memungkinkan pengguna untuk memiliki lebih banyak RAM yang dapat mencegah hp menjadi lemot.

Namun, perlu dicatat bahwa aplikasi yang berhibernasi dapat menyebabkan masalah jika aplikasi sistem disentuh. Pengguna harus berhati-hati dalam memilih aplikasi mana yang akan hibernate.

Terlalu banyak sampah di Cache


Perangkat hp android memiliki partisi cache dimana beberapa item dari aplikasi disimpan untuk akses berikutnya agar lebih cepat. Seperti semua partisi penyimpanan, bisa juga tersumbat.

Setelah partisi cache penuh, performa keseluruhan ponsel android bisa mulai melambat. Pengguna dapat memilih untuk menghapus partisi cache sesekali untuk mencegah hp menjadi lemot.

Perintah Wipe Cache Partition dapat dilihat dari recovery console dari smartphone Android. Metode untuk mengakses konsol bervariasi dari telepon ke telepon.

Namun, kebanyakan dengan cara mematikan smartphone android terlebih dahulu. Pengguna harus menekan tombol volume dan power pada saat bersamaan.

Ini akan berguna untuk menginstal mode pemulihan kustom terlebih dahulu karena mencakup lebih banyak pilihan untuk men-tweak ponsel android secara keseluruhan. Salah satunya adalah pilihan untuk menghapus Cache Dalvik, yang juga bisa mempercepat kecepatan ponsel.

Penyimpanan Internal dan Eksternal 


Smartphone Android memiliki solid-state drive sebagai storage mereka. Seiring penyimpanan terisi, mereka beroperasi lebih lambat.

Ini bisa menjadi salah satu alasan mengapa ponsel android bisa menjadi lemot seiring berjalannya waktu. Penyimpanan internal mungkin penuh dengan foto, aplikasi video dan file lainnya.

Sebagian besar model low-end hanya memiliki sekitar 4GB atau 8GB untuk penyimpanan internal mereka yang terlalu kecil untuk standar hari ini.

Satu film Full High-Definition dengan resolusi pixel 1920 x 1080 sudah bisa mencapai lebih dari 1GB dalam ukuran file. Film 720p juga bisa mencapai 800 MB.

Ada juga mobile video games yang bisa dengan mudah mencapai lebih dari 1GB juga. Dengan kombinasi file tersebut, kapasitas penyimpanan internal 4GB dapat diisi dengan mudah. Sistem operasi android sendiri juga menggunakan bagian dari penyimpanan internal yang berarti pengguna tidak benar-benar memiliki semua 4GB atau 8GB.

File cache aplikasi juga bisa memakai penyimpanan internal. bijaksana bagi pengguna untuk memindahkan file aplikasi ke penyimpanan eksternal jika telepon memilikinya.

Sebagian besar smartphone Android memungkinkan pengguna memasang kartu microSD untuk penyimpanan eksternal . Ini sangat berguna bagi mereka yang memiliki kapasitas penyimpanan internal 4 GB atau 8 GB karena mereka dapat menginstal lebih banyak aplikasi dan mendownload lebih banyak file film dan musik tanpa harus mengisi penyimpanan internal.

memang hal ini dapat mencegahnya, namun itu bisa berdampak pada kinerja. Karena file-file itu bukan pada penyimpanan internal karena itu sistem harus membacanya dari kartu microSD yang bisa saja menjadi lebih lambat.

Baca Juga : Cara Partisi SD Card Dengan Mudah

Solid-State Drive Yang bisa TRIM


Support TRIM memungkinkan SSD, seperti smartphone, berjalan optimal bahkan jika digunakan setiap hari. Hp android terbaru memiliki dukungan TRIM otomatis untuk drive penyimpanan mereka.

Namun, smartphone yang menjalankan Android 4.2 dan di bawahnya tidak memiliki dukungan TRIM.

Jadi tipnya bukan untuk memiliki smartphone atau tablet yang menjalankan versi lama dari Android 4.3. Itu tidak akan menjadi masalah mengingat kebanyakan smartphone di pasaran saat ini menjalankan os setidaknya Jelly Bean 4.3 dan yang lebih tinggi.


Smartphone sudah terlalu tua


Terkadang, alasan paling jelas mengapa smartphone hp menjadi lemot adalah karena sudah terlalu tua. Ini bisa menjadi kombinasi dari semua faktor yang disebutkan di atas.

Jika sebuah smartphone telah berjalan terus-menerus selama lebih dari lima tahun atau lebih, kemungkinan perangkat  maupun firmware di dalamnya sudah usang. 

Alasan lain yang mungkin adalah bahwa sistem operasi yang diperbarui tidak dapat berjalan dengan baik di smartphone. 

Meskipun dapat diatasi dengan pembaruan perangkat lunak, fragmentasi sistem operasi android sulit bagi ponsel non-unggulan untuk mengharapkan perangkat lunak yang diperbarui setiap saat. Smartphone buatan lokal atau rebranded sering kali memiliki masalah ini karena mereka tidak memiliki cukup teknisi atau pengembang perangkat lunak yang dapat menghasilkan pembaruan untuk model ponsel cerdas mereka.

Jika ada update, kode dan fitur perangkat lunak tambahan bisa menghabiskan lebih banyak ruang dan sumber daya. Smartphone kelas atas sering mengalami masalah ini karena pembaruan perangkat lunak benar-benar dapat membuat masalah mereka semakin buruk dalam jangka panjang karena perangkat keras tidak dapat menangani perangkat lunak.

Dalam kasus tersebut, pengguna dapat memilih untuk tidak memperbarui hp atau tablet mereka. Namun, masih akan melambat seiring berjalannya waktu. Terkadang satu-satunya pilihan adalah meng-upgrade smartphone terutama jika sudah banyak digunakan.

Kerusakan yang terjadi


Ada kasus yang jarang terjadi dimana kerusakan fisik dari luar menyebabkan ponsel android menjadi lambat. Bisa jadi karena telepon itu pernah tersiram air, atau sudah terjatuh beberapa kali dari ketinggian yang cukup tinggi.

Apapun alasannya, itu pasti bisa menyebabkan smartphone menjadi lemot. 

Terlalu Panas


Alasan lain mengapa smartphone android berjalan lambat adalah karena mungkin terlalu panas. Kebanyakan smartphone saat ini memiliki perangkat lunak cerdas yang memungkinkan mereka menyesuaikan frekuensi pemrosesan kapanpun mereka membutuhkannya

Jika telepon dianggap terlalu panas, perangkat lunak bisa mengurangi frekuensi untuk mengimbangi panas. 

Hal ini terjadi setiap kali telepon mendeteksi bahwa suhu terlalu panas. Ada beberapa hal yang bisa membuat smartphone menjadi panas seperti bermain video game berat, menonton film dengan kecerahan penuh dan menggunakan semua radio (Wi-Fi, Bluetooth, GPS, NFC) pada saat yang bersamaan.

Solusinya adalah biarkan hp anda menjadi dingin terlebih dahulu sebelum digunakan kembali.


ROM Custom yang buruk


Smartphone Android dikenal bebas untuk dikustomisasi. Salah satu penyesuaian umum yang dilakukan pengguna adalah mencoba dan mengubah ROM yang dijalankannya.

Kebanyakan smartphone menjalankan stok ROM vanili Android, yang terkadang bisa membosankan. Custom ROMS diperlukan karena fitur tambahan mereka seperti tweak, tema dan kemampuan baru yang seharusnya tidak ada dalam ROM Inti.

Salah satu masalah yang dihadapi pengguna android adalah memilih dan mengubah ROM yang buruk. Jika itu berjalan, itu sangat buruk. Ini berdampak pada kinerja secara negatif dan fitur pada akhirnya tidak akan berguna.

Pengguna harus benar membaca petunjuk dan catatan sebelum menginstal ROM kustom. Mereka bisa menginstal ROM yang tidak kompatibel atau kadang ROM masih belum selesai.

Ada beberapa model smartphone Android yang memiliki varian berbeda. Hal ini dapat membingungkan untuk mengetahui versi ROM yang harus digunakan untuk varian mana.

Tweaks yang tidak bisa disentuh


Bagi pengguna yang tidak ingin flash ROM kustom keseluruhan, mereka sering memilih untuk flash tweak sebagai gantinya. Tweak ini adalah versi yang disesuaikan dari beberapa bagian dari sistem operasi itu sendiri, dengan nilai yang berubah dan semacamnya.

Agar mereka dapat bekerja, pengguna terkadang perlu mengganti sepenuhnya beberapa file sensitif dari sistem operasi. Jika tweak juga tidak kompatibel atau belum selesai, bisa menyebabkan masalah performa dan bahkan bisa membuat bata smartphone.

Paranoia dan Envy


Melihat smartphone baru seorang teman berjalan cepat bisa memberi alasan kepada pengguna untuk berpikir bahwa ponselnya berjalan lamban. 

Telepon bisa berjalan normal tapi pengguna bisa berpikir bahwa itu lambat hanya karena dia melihat iklan untuk model yang lebih baru. Salah satu tipnya adalah menjalankan tolok ukur atau untuk melacak waktu pemuatan aplikasi hanya untuk melihat apakah hp benar-benar berjalan lemot dibandingkan beberapa bulan yang lalu.



EmoticonEmoticon